TIPS PACARAN JARAK JAUH AGAR TETAP LANGGENG

Advertisements
Tips pacaran jarak jauh sangat penting untuk diketahui. Banyak sekali orang yang mau tidak mau harus mengalami dan menjalani yang namanya pacaran jarak jauh atau istilahnya kerennya Long Distance Relationship yang sering disingkat dengan LDR. Iya, dalam hidup memang semua serba mungkin. Mungkin dahulu hubungan anda berjalan sangat nyaman karena anda dan pacar atau pasangan anda berada dalam satu wilayah. Namun, perlu anda ingat, roda kehidupan ini akan terus berputar dan jika ternyata saat ini anda dan pasangan / pacar anda harus terpisahkan oleh jarak yang jauh, apa mau dikata, iya begitulah kenyataannya dan anda pun harus dengan rela hati melepasnya pergi nan jauh disana. Secara otomatis jalinan komunikasi dan intensitas pertemuan anda berdua harus berkurang dan bahkan bisa dikatakan sangat jarang.

Pacaran jarak jauh tidak selamanya menjadi sesuatu yang perlu ditakuti. Memang, kebanyakan orang akan lebih menikmati dan merasa nyaman jika menjalin hubungan cinta dengan orang yang berada dalam satu wilayah, karena alasan mudah bertemu dan segala bentuk kemudahan lainnya. "Pacaran kok tidak pernah bertemu, apa artinya?" hmm, tidak salah memang jika pertanyaan-pertanyaan semacam itu muncul dari sebagian orang. Padahal, didalam sebuah jalinan hubungan cinta, istilahnya pacaran, bisa jadi hal terpenting adalah kepercayaan. Jika anda berdua memang saling percaya satu sama lainnya, maka jarak sejauh apapun tak akan pernah ada artinya bagi anda berdua.

tips pacaran jarak jauhKualitas. Iya, kualitas dalam sebuah hubungan memang sangat penting. Termasuk didalamnya adalah kualitas disaat bertemu. Tidak dapat dielakkan memang untuk urusan pertemuan dengan pasangan akan sangat minim sekali bila dibandingkan mereka yang tidak sedang menjalani hubungan jarak jauh. Tetapi percayalah, jika pertemuan anda berdua berkualitas, sebenarnya tidak akan pernah menjadi masalah dan bahkan bila dibandingkan dengan pasangan yang sering bertemu tetapi kualitas pertemuannya terbilang kurang, bisa jadi pertemuan anda yang jarang dengan pasangan tersebut lebih bermakna dan lebih berarti. Jadi, jangan berkecil hati dulu jika anda harus menjalani sebuah pacaran jarak jauh.

Mungkin diantara anda ada yang sangat ingin mengetahui, bagaimana sih tips yang tepat untuk menjalani pacaran jauh yang tepat. Silahkan anda simak beberapa tips dibawah ini.

Inilah beberapa tips pacaran jarak jauh versi Segitigamedia :

1. Terimalah kenyataan
"Sayang, maaf aku harus pergi ke Jakarta untuk menempuh pendidikan disana,.demi masa depanku,.." Jika pacar anda berkata demikian, apa reaksi pertama anda? Ingin nangis kah? atau ingin marah kah? sedih dan tidak terima kah? Langkah pertama ketika anda dihadapkan pada kenyataan harus menjalani pacaran jarak jauh adalah menerima dengan ikhlas kepergian pacar anda dan menerima dengan sabar kenyataan bahwa dengan perginya kekasih anda, maka pacaran jarak jauh ada di depan mata. Intinya, terimalah kenyataan, kuatkan dulu pondasi awal ini.

2. Kepercayaan itu penting
Didalam sebuah hubungan pacaran, bahkan dalam lingkup rumah tangga, bagaimanapun juga kepercayaan terhadap pasangan memiliki peranan yang sangat vital terhadap kelangsungan dan keharmonisan hubungan. Apalah artinya berpacaran jika tidak pernah ada rasa saling percaya satu sama lainnya. Percayalah bahwa pacar anda akan baik-baik saja disana, percayalah bahwa anda dan pasangan anda akan mampu mempertahankan hubungan jarak jauh ini, percayalah bahwa rasa saling percaya akan memberikan sebuah ketenangan dan keharmonisan anda berdua.

3. Buang jauh-jauh rasa curiga yang berlebihan
Masih ada kaitannya dengan kepercayaan. Bisa saja anda berfikir "wah jangan-jangan cowok aku punya cewek lagi di Jakarta". Nah, hal-hal kecil semacam inilah yang mungkin bisa menjadi batu sandungan bagi kelanggengan hubungan anda. Boleh anda mempunyai pemikiran semacam itu, tetapi jangan berlebihan. Rasa cemburu dalam sebuah hubungan percintaan memang penting, karena cemburu merupakan salah satu bukti bahwa rasa cinta itu memang benar-benar ada. Jika anda ingin sukses menjalani hubungan jarak jauh, tanamkanlah dalam diri anda bahwa kecurigaan yang berlebihan akan berdampak kurang baik terhadap hubungan anda berdua.

4. Mengobati rasa kangen
"Oups,. aku kangen banget nih sama cowok aku..gimana nih" ujar siska kepada temannya. Mungkin saja ungkapan-ungkapan semacam ini juga penah anda alami sendiri. Sangat wajar memang rasa kangen akan muncul ketika sudah lama tidak bertemu dengan kekasih. Perasaan ingin melihat wajahnya, perasaan dan keinginan ingin mengobrol berdua dan berbagai perasaan kangen lainnya. Kita tentu tahu, saat ini jaman sudah maju. Jika ingat lagu miliknya Dewa 19 yang berjudul "kangen", sepertinya kata "kuterima suratmu tlah kubaca dan aku mengerti" dalam lirik lagu tersebut sudah tidak begitu relevan lagi dengan era canggih sekarang ini. Bayangkan saja jika dulu harus susah payah manulis dan mengirimkan surat, sekarang hanya tinggal memanfaatkan fasilitas SMS, telepon, BBM,wahatsapp,chatting dengan YM, video chat, facebook, twitter dan berbagai fasilitas lainnya.

Apakah dengan berkomunikasi dengan telepon dan sms bisa mengobati kerinduan? paling tidak anda sudah bisa ngobrol dengan dia. Rasa kangen, rasa rindu dan berbagai rasa yang membuat galau lainnya bisa sedikit anda obati. Intinya, fasilitas canggih di era modern ini semakin memudahkan anda untuk dapat dijadikan sebagai media pengobat kangen. Setuju kan?

Banyak juga kok cara klasik yang bisa dijadikan pengobat kangen. Misalnya saja memandangi foto dirinya. Nah, terdengar jadul kan cuma memandangi foto, tetapi jangan salah, cara ini juga cukup efektif lho.Silahkan dicoba.

5. Jaga komitmen anda berdua
Sebuah komitmen perlu anda pegang dengan kuat. Pastikan anda berdua sudah saling mengerti apa komitmen yang sudah anda berdua sepakati. Bicarakan apa saja yang terasa mengganjal di hati kepada pasangan anda. Jangan sungkan, lebih baik bicara apa adanya daripada menyimpannya dihati. Jika anda berdua bisa memegang teguh komitmen yang sudah anda sepakati berdua, hmm sejauh apapun jarak yang memisahkan anda berdua sepertinya tidak ada artinya sama sekali.

6. Sayang, sudah makan belum?
Perhatian sekecil apapun wajib anda lakukan. Mungkin bagi anda kurang begitu penting, tetapi bisa jadi perhatian kecil anda adalah sebuah hal yang begitu penting bagi pasangan anda. Misalnya saja, menanyakan sudah makan apa belum, lagi ngapain dan berbagai perhatian kecil lainnya. Silahkan anda coba.

7. Ingatkan kepada pasangan anda, apa rencana masa depan anda berdua
Kemungkinan buruk bahkan terburuk akan selalu ada. Salah satu tips yang mungkin berguna bagi hubungan jarak jauh anda adalah mengingatkan kepada pacar atau pasangan anda mengenai masa depan indah anda berdua. Jika anda berdua sama-sama ingat mengenai masa depan hubungan anda, sepertinya cukup mumpuni untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya cowok anda selingkuh dengan cewek lain.

8. Kunjungi orang tua pasangan anda jika memungkinkan
Salah satu tips agar hubungan jarak jauh anda berjalan mulus adalah dengan berkunjung ke rumah orang tua pasangan anda. Intensitas kunjungan tidak perlu terlalu sering, yang penting berkualitas. Bicarakan dengan ayah dan ibu pasangan anda mengenai hubungan anda. Tanyakan juga kabar mereka bagaimana, bertatap muka adalah salah satu kunci sukses untuk dapat berbicara serius. Tanyakan kepada orang tua dia, bagaimana kabar pacar anda, apakah dia sering menelepon mereka dan lain sebagainya. Intinya, jadikan faktor keluarga pasangan anda untuk menjaga hubungan anda. Yakinlah, pasti orang tua pasangan anda akan  mengatakan kepada pasangan anda bahwa anda begitu perhatian kepada mereka, dan secara psikologis hal ini juga berpengaruh kepada kesetiaan dan kepercayaan pasangan anda kepada anda, bahwa anda memang layak untuk menjadi pilihan dia. Dengan begitu, bisa jadi akan dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam hubungan anda.

9. Jaga selalu hatimu saat jauh dariku
Seperti lirik lagu milik seventeen nih, "jaga selalu hatimu, saat jauh dariku, tunggu aku kembali". Katakan pada pasangan anda untuk senantiasa menjaga hatinya hanya untuk anda. Mungkin terdengar sepele, namun tidak ada salahnya anda coba. Dengan begitu, kemungkinan untuk "neko-neko" bisa sedikit diminimalisir. Bagaimana, selamat mencoba ya.

10. Jika memungkinkan, sesekali kunjungilah pasangan anda
Nah, salah satu tips mujarab yang satu ini juga lumayan oke lho. Jika memang memungkinkan, tidak ada salahnya anda mengunjungi pasangan anda. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi kedatangan anda adalah sebuah anugerah terindah bagi pasangan anda sekaligus dapat memberikan sebuah kepercayaan bahwa anda memang benar-benar serius menjalin hubungan kasih dengan pasangan anda. Dengan begitu, hubungan jarak jauh anda bisa menjadi lebih harmonis dan awet. Bahkan bisa menjadi benteng pertahanan untuk membendung godaan-godaan yang mungkin saja muncul dalam hubungan anda berdua.

11. Jangan berkecil hati
Bagi anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, mungkin saja anda merasa berkecil hati jika melihat teman anda yang tidak menjalani hubungan jarak jauh. Tetapi hindarilah hal ini, katakan pada diri anda sendiri bahwa hubungan jarak jauh bukanlah akhir dari segalanya. Diluar sana banyak juga yang mengalami seperti apa yang anda alami. Jalani saja dan nikmatilah. 

12. Dekatlah dengan teman-teman pasangan anda
Berusahalah untuk tetap menjaga komunikasi dengan teman-teman dekat pasangan anda. Secara tidak langsung hal ini juga memiliki efek positif terhadap hubungan anda. Bagaimanapun juga teman-teman dari pasangan anda pasti juga sering menjalin komunikasi dengan pasangan anda. Jika anda baik di mata teman-teman pasangan anda, maka mereka pun akan memberikan laporan bahwa anda masih setia menunggu dan masih begitu perhatian kepada pasangan anda. Anda pun bisa menanyakan segala hal seputar pasangan anda kepada teman-teman dia.

13. Buang jauh-jauh kebohongan 
Jujurlah kepada pasangan anda. Dengan harapan pasangan anda pun juga akan jujur. Jika sekali saja ada sebuah kebohongan, bisa jadi selamanya anda tidak akan pernah dipercaya lagi oleh pasangan anda. Apalagi jarak jauh memisahkan anda berdua, kesempatan untuk berbohong sangatlah mudah dan begitu besar. Ingatkan pada diri sendiri bahwa dalam sebuah hubungan kebohongan bagaikan duri yang sewaktu-waktu dapat melukai hati pasangan dan merusak hubungan anda berdua. 

14. Menjaga komunikasi yang berkualitas
Usahakan untuk tetap menjalin dan menjaga komunikasi. Berusahalah berkomunikasi yang "berkualitas". Pilihlah momen yang tepat untuk menghubungi pasangan anda. Bicarakanlah sesuatu yang berbobot, tidak harus melulu membahas soal hubungan anda. Carilah topik yang mungkin saja tidak pernah dibahas sebelumnya. Misalkan saja membicarakan bagaimana kehidupan masyarakat disana, seperti apa budayanya dan lain sebagainya. Tetapi memang membicarakan soal hubungan anda lebih diprioritaskan. Dengan anda terus berusaha berkomunikasi meskipun hanya melalui telepon, anda sudah memupuk rasa saling memiliki dan saling mengisi antara anda dan pasangan anda. Jangan sampai dia merasa kesepian. Bisa jadi komunikasi  dengan anda adalah satu hal yang sangat dia tunggu.

15. Berikanlah kejutan
Hmm, seperti apa ya kejutannya? Terserah, misalkan saja anda ingin memberikan dia sebuah barang kesukaan dia. Nah, hilangkan pola pikir jika memberikan barang kepada pasangan harus barang yang mahal. Tidak harus mahal, yah memang sih lebih mahal lebih baik. Tetapi ingat "tidak harus mahal". Justru yang terpenting adalah makna dan kejutan yang mungkin tidak pernah diduga sama sekali oleh pasangan anda. Manfaatkan jasa pengiriman barang ataupun jasa-jasa lainnya. Di era modern seperti sekarang ini sangatlah mudah untuk melakukan hal ini.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai tips pacaran jarak jauh agar tetap langgeng tersebut. Mungkin masih belum selengkap yang anda inginkan, akan tetapi semoga dengan adanya beberapa tips diatas sudah dapat memberikan gambaran dan pandangan mengenai bagaimana menjalani dan menjaga sebuah pacaran jarak jauh. Mungkin anda juga tertarik membaca yang ini, cara menghitung berat badan ideal. Semoga bermanfaat.
(segitigamedia)
Advertisements