TIPS MENJADI IBU RUMAH TANGGA YANG BAIK

Advertisements
Tips menjadi ibu rumah tangga yang baik itu bagaimana ya? apakah anda juga pernah terlintas untuk memikirkan hal ini? hmm, menjadi seorang ibu rumah tangga yang dicintai suami dan putra putri anda pastilah sangat menyenangkan bukan? tentu kita tahu bahwa pada jaman sekarang, begitu banyak wanita yang memilih menjadi seorang wanita karier daripada menjadi seorang ibu rumah tangga. Di satu sisi, menjadi seorang wanita karier memang sangat bermanfaat untuk mendukung perekonomian keluarga, karena dapat membantu suami untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangan keluarga. Namun, di sisi lain pilihan hidup menjadi seorang wanita karier memang akan mempunyai dampak yang kurang baik terhadap kondisi keluarga.

Tips menjadi ibu rumah tangga yang baik mungkin saja akan bermanfaat bagi anda yang memang pada saat ini menjadi seorang ibu rumah tangga. Posisi seorang ibu memang sangatlah vital dalam sebuah keluarga. Rumah tangga yang bahagia tentu menjadi idaman setiap orang yang sudah membina rumah tangga. Tetapi, kita tentu tahu bahwa kondisi terkadang memaksa seorang wanita yang sudah menikah untuk tetap dan terus bekerja demi mengais rezeki. Hal ini memang menjadi sebuah dilema tersendiri bagi para wanita yang sudah bersuami. 

tips menjadi ibu rumah tangga yang baikJika berbicara persoalan ekonomi keluarga memang menjadi beban tersendiri bagi sepasang suami istri yang mempunyai tingkat ekonomi "dibawah rata-rata". Kebutuhan hidup yang terus menghimpit memang sulit untuk dielakkan. Nah, bagi anda yang bersuamikan pria yang mapan dan sudah lebih dari cukup untuk dapat menafkahi kebutuhan keluarga, bersyukurlah. Besar kemungkinan bagi anda untuk dapat menjadi seorang ibu rumah tangga yang tidak diwajibkan oleh suami anda untuk ikut bekerja jika suami anda mempunyai penghasilan yang tergolong besar setiap bulannya. Namun, bagi anda yang "terpaksa" menjadi wanita karier demi mencukupi kebutuhan keluarga, jangan berkecil hati, anda pun masih bisa kok menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik di sela-sela kesibukan anda.

Berikut beberapa tips menjadi ibu rumah tangga yang baik :

1. Jadilah seorang ibu yang pengertian
Tugas seorang ibu dalam sebuah keluarga tak terhitung besar dan beratnya. Namun, itulah yang mau tidak mau harus anda emban dan anda sandang. Untuk menjadi seorang ibu yang baik, berusahalah menjadi sosok seorang ibu yang cepat tanggap dan pengertian terhadap segala hal menyangkut keluarga anda. Misalnya saja, ketika putra putri anda sedang sakit, bersegeralah untuk bertindak. Naluri seorang ibu melekat kuat dalam diri anda. kasih sayang anda sebagai seorang ibu sangat dibutuhkan oleh suami dan putra putri anda di rumah. Intinya, jadilah sosok seorang ibu yang pengertian pada apapun yang berhubungan dengan kondisi keluarga anda.

2. Sabar
Sebagai seorang ibu, anda lah yang seharusnya menjadi embun penyejuk dalam setiap masalah yang timbul dalam keluarga anda. Jangan sebaliknya, anda justru menjadi seorang ibu yang galak dan tidak mau tahu terhadap masalah yang ada dalam keluarga anda. Sifat dan sikap sabar sangat penting untuk anda miliki dan terapkan dalam diri anda. Jika suasana rumah kacau karena putra putri anda bermain-main dan membuat kotor rumah anda, bersabarlah dan lakukanlah apa yang harus anda lakukan dengan sabar dan ikhlas. Niatkan dalam diri bahwa anda lah yang bertanggung jawab terhadap keadaan rumah anda. Sabarlah ketika suami anda cape pulang kerja dan uring-uringan, berikan pelayanan terbaik anda sebagai seorang istri sekaligus seorang ibu. Jika anda dapat menyematkan sabar dalam setiap sisi kehidupan anda, hmm lihat dan rasakanlah apa imbal balik yang akan anda dapatkan dari suami dan putra putri anda kepada anda, anda akan sangat disayang oleh mereka. Setuju kan bunda ?

3. Belajar memasak dan menyiapkan menu makanan untuk keluarga anda
Bagi seorang wanita karier, hal yang satu ini mungkin terbilang "sangat sulit" untuk dapat diwujudkan. Tetapi jangan berkecil hati dulu, paling tidak anda sudah menyiapkan makanan walaupun dengan cara membeli makanan jadi diluar. Bagi anda yang memang dalam kesehariannya berada di rumah, tentu saja hal ini terbilang mudah untuk anda lakukan. Jika memang anda setiap hari berada dirumah, alangkah baiknya anda menyiapkan menu makanan untuk keluarga anda dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Belajarlah memasak sendiri. Dan berikan resep masakan anda yang paling lezat untuk keluarga anda.

4. Jangan terlalu mengandalkan pembantu rumah tangga
Kita semua tentu tahu, pada jaman sekarang peran ibu hampir sepenuhnya digantikan oleh seorang pembantu rumah tangga. Jika anda memang mempunyai pembantu, usahakan jangan sedikit-sedikit meminta bantuan pembantu anda. Cobalah untuk melakukan peran anda sebagai seorang ibu rumah tangga yang semestinya. Membuatkan susu untuk anak saja anda menyuruh pembantu anda, hindari hal ini. Cobalah untuk membuatkan susu untuk anak anda sendiri. Hal ini akan membuat ikatan anda dengan putra putri anda menjadi lebih kuat. Jadikan peran pembantu hanya sebagai "pembantu". Pembantu tugasnya memang membantu anda dan seharusnya tidak 100 persen anda limpahkan semua tugas rumah tangga anda kepada pembantu anda tersebut. Sadarilah hal ini. Setuju kan bunda?

5. Luangkan waktu anda untuk sekedar bermain-main dengan putra putri dan suami anda
Ambil momen yang tepat untuk bercanda dengan keluarga anda. Lihatlah betapa bahagianya mereka ketika anda ada di tengah-tengah mereka. Kehangatan sosok seorang ibu memang sangat dibutuhkan untuk keharmonisan dan kebahagian sebuah keluarga. Lihatlah betapa banyak anak-anak yang merasa "kehilangan" sosok orang tua mereka terutama sosok seorang ibu yang selalu sibuk dengan urusannya sendiri dan hampir tidak pernah punya waktu untuk keluarganya. Jangan pertaruhkan kondisi psikologis putra putri anda hanya karena keegoisan anda sendiri. Bagaimana pun juga suami dan putra putri anda membutuhkan anda di tengah-tengah mereka, walaupun hanya sekedar bermain-main. Jangan sepelekan hal ini. Bagaimana bunda, setuju kan?

6. Membuatkan secangkir minuman untuk sang suami tercinta
Seorang suami juga membutuhkan perhatian anda. Mungkin bagi anda menyuguhkan secangkir kopi bukanlah hal yang penting dan hampir tidak ada artinya. Tetapi jangan salah, bisa jadi secangkir kopi buatan anda adalah sebuah hal yang sangat bermakna bagi suami anda. Pernahkah anda memperhatikan hal ini? 

7. Bangun paling awal
Jika anda ingin menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, berusahalah untuk bangun paling awal. Sudah barang tentu geliat kehidupan keluarga akan dimulai ketika pagi hari menjelang. Ketika pagi hari sudah bukan rajasia lagi jika akan ada seabrek kegiatan yang sudah menunggu. Anak-anak harus pergi ke sekolah, suami harus pergi ke kantor dan lain sebagainya. Siapkanlah semua kebutuhan mereka sebaik mungkin. Mulai dari sarapan, barang-barang penting yang harus dibawa suami, seragam sekolah anak-anak anda dan lain sebagainya. Berusahalah mempersiapkan semua itu dengan sabar dan sebaik mungkin. Jika anda bangun tidur siang, bayangkan apa yang akan terjadi? semuanya bisa menjadi kacau. Walaupun mungkin anda mempunyai seorang pembantu sekalipun, jangan limpahkan semua kewajiban anda kepadanya. Paling tidak anda dan pembantu anda bisa saling bekerjasama untuk menuntaskan seabrek kegiatan di pagi hari yang mesti diselesaikan. Bagaimana bunda, setuju kan?

8. Pandai memanage uang belanja keluarga
Hmm, jika sudah berbicara soal uang, tugas anda sebagai seorang ibu rumah tangga sudah tentu menjadi pemegang sekaligus pengelola keuangan keluarga anda. Gaji suami yang diserahkan kepada anda harus anda manage sebaik mungkin. Anda harus memahami dan mengerti mana kebutuhan primer, mana kebutuhan sekunder dan mana kebutuhan tersier. Jangan hanya menuruti keegoisan anda sendiri dengan berbelanja segala sesuatu yang anda inginkan tanpa memikirkan kebutuhan keluarga anda yang lainnya yang mungkin saja lebih penting dari barang belanjaan anda. Sebisa mungkin anda handle semuanya serapi mungkin. Syukur-syukur ada uang sisa untuk ditabung demi masa depan keluarga anda. Bagaimana? apakah bunda setuju dengan hal ini?

9. Pantau perkembangan buah hati anda
Sebagai seorang ibu, perkembangan anak merupakan sebuah tanggung jawab besar yang juga harus anda emban. Bagaimanapun juga, sosok ibu adalah yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak. Sejak  anak anda lahir, anda memang berkewajiban untuk memberikan service terbaik untuk mereka. Jika anda acuh tak acuh tehadap perkembangan anak anda, coba bayangkan bagaimana nasib anak-anak anda di masa depan. Apakah anda rela jika anak anda tumbuh berkembang menjadi sosok seorang anak yang kekurangan gizi, sosok anak yang nakal, sosok anak yang tidak punya sopan santun dan berbagai sifat dan sikap yang kurang baik lainnya? sadarilah, bahwa peran anda sangat penting untuk perkembangan anak anda. Nah, jika anda ingin menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, sadarilah hal ini. Asuhlah putra putri anda dengan sepenuh hati. Cetaklah sosok penerus bangsa yang berkualitas. Bagaimana bunda, setuju kan?

10. Tidurlah paling akhir
Pastikan semua kondisi rumah sudah beres jika anda akan bertirahat untuk tidur malam. Pastikan juga semua putra putri anda sudah lelap tertidur. Jangan sampai anda sudah tertidur pulas dengan meninggalkan kompor yang ternyata masih menyala, atau kran masih menyala. Intinya pastikan semuanya sudah beres ketika anda beranjak tidur. Akan lebih baik lagi jika anda selalu berusaha untuk tidur paling akhir dibandingkan anggota keluarga yang lain. 

Mungkin beberapa tips menjadi ibu rumah tangga yang baik diatas belumlah sesuai dengan harapan anda. Semoga yang sedikit ini sudah mampu memberikan gambaran kepada anda para ibu rumah tangga, bagaiaman cara yang dapat anda coba terapkan kepada diri anda agar anda dapat menjadi sosok seorang ibu yang baik dimata suami dan putra putri anda. Baca juga informasi menarik berikut ini, Resep membuat kue bolu gulung ternikmat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda.
Advertisements