CARA AGAR RUMAH TANGGA HARMONIS

Advertisements
Cara agar rumah tangga harmonis - Pernikahan merupakan gerbang kehidupan baru dalam hidup seseorang. Setelahnya akan ada sebuah kehidupan baru bersama pasangan. Rumah tangga akan diarungi berdua, pahit manisnya dirasakan bersama. Itulah tahapan kehidupan yang memang harus dilewati seseorang yang sudah menikah. Jodoh memang tidak ada yang tahu, tetapi usaha untuk menemukan siapa jodoh kita juga wajib kita lakukan, tidak akan mungkin jodoh kita datang begitu saja jatuh dari langit. 

Rumah tangga yang harmonis memang menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Namun, tidak sedikit yang merasakan bahwa rumah tangganya penuh dengan masalah dan tidak harmonis. Memang, dua individu yang berbeda disatukan dalam biduk rumah tangga pastilah akan melalui masa-masa yang sulit, itu pasti. Dan setiap pasangan pasti melalui itu, karena dalam hidup masalah akan selalu ada, tinggal bagaimana menyikapinya. 

Ada berbagai macam penyebab ketidakharmonisan sebuah rumah tangga, misalnya karena masalah ekonomi, masalah mengasuh anak, masalah kesibukan dan lain-lainnya. Harmonis atau tidaknya rumah tangga anda, anda berdualah penentunya. Suami dan istri harus saling mengisi, harus saling kompak dan seia sekata. Kesabaran dalam menghadapi semua masalah yang ada akan memperkuat pondasi rumah tangga anda. 

Berikut beberapa tips cara agar rumah tangga harmonis :

1. Terima dia apa adanya
Sebagai seorang istri, terimalah suami anda apa adanya. Begitu juga dengan para suami, sudah seharusnyalah mereka menerima istri apa adanya. Tidak ada manusia yang sempurna. Ada kurang lebihnya itu pasti. Jika anda mencari manusia yang sempurna dalam segala hal, maka kekecewaan lah yang akan anda dapatkan.

2. Jangan mengumbar rahasia pasangan
Jagalah perasaan pasangan anda. Pasangan anda pasti memiliki kekurangan dan keburukan. Nah, untuk itulah jangan sekali-kali menceritakan rahasia pasangan anda didepan umum, didepan teman-teman anda. Jika hal ini anda menceritakan keburukan pasangan didepan umum, hmm bayangkan bagaimana perasaan pasangan anda. Jika hal ini sampai terjadi, maka bisa jadi pasangan anda tidak terima dan sakit hati dan kemudian berimbas pada keharmonisan rumah tangga anda menjadi berkurang bahkan bisa menjadi tidak harmonis sama sekali. 

cara agar rumah tangga harmonis3. Mengasuh anak
Anak merupakan anugerah dari Tuhan YME. Sudah sepantasnya anda berdua bersama pasangan mengasuhnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Dalam mengasuh anak, jangan pernah ada rasa tidak ikhlas. Anak merupakan tanggung jawab anda berdua. Jika anda dan pasangan anda sudah seia sekata dalam mengasuh anak, maka rumah tangga pun bisa lebih harmonis.

4. Masalah finansial
Bisa jadi anda dan suami sama-sama bekerja dan memperoleh pendapatan setiap bulannya. Mungkin, anad sebagai istri mempunyai gaji yang lebih besar daripada suami anda. Jika anda ingin rumah tangga anda harmonis, maka jangan pernah mempermasalahkan hal ini. Jangan pernah membandingkan pendapatan anda yang lebih besar dari suami anda. Karena hal ini akan menyakiti hati pasangan anda.

Lebih baik bekerja dengan ikhlas seia sekata apapun dan berapapun hasilnya terima saja demi kelangsungan biduk rumah tangga anda. Bukankah anda dan suami anda bekerja memang untuk memenuhi kebutuhan keluarga? jangan pernah membandingkan siapa yang lebih besar gajinya, siapa yang lebih lelah dalam bekerja dan lain sebagainya. Anda berdua harus mengerti dan memahami hal ini agar rumah tangga anda menjadi harmonis.

5. Hindari membandingkan rumah tangga 
Mungkin anda pernah berfikir dan beranggapan bahwa rumah tangga teman anda lebih sukses dan lebih harmonis daripada rumah tangga anda. Jangan suka membanding-bandingkan rumah tangga anda sendiri dengan rumah tangga orang lain. Syukuri saja, dan tetap fokus memperbaiki rumah tangga sendiri. Boleh melihat dan mencontoh rumah tangga orang lain yang anda anggap memiliki sisi positif yang dapat anda tiru, tetapi jangan sampai kebablasan. 

6. Kebahagiaan itu sederhana sekali
Bayangkan betapa bahagianya anda ketika melihat anak anda dengan ceria menyambut kepulangan anda. Mereka tertawa lepas dan berlari kecil mendatangi anda kemudian memeluk anda. Ah, betapa damainya hati anda. Bukankah setiap senyum anak anda dan pasangan anda sudah merupakan sebuah anugerah yang tidak terkira, syukuri hal ini. Anda dan pasangan harus bisa mengartikan dan melihat bahwa sebenarnya kebahagiaan itu sederhana sekali. 

7. Hindari memendam masalah
Jika anda ingin mewujudkan sebuah rumah tangga yang harmonis, jika ada permasalahan, jangan anda pendam sendiri. Lebih baik anda membicarakan masalah anda dengan pasangan secara terbuka. Hal ini akan jauh lebih baik dan efektif dalam menyelesaikan masalah. 

8. Jangan ada dusta diantara kita
Anda dan pasangan anda adalah satu tim. Jika rumah tangga anda ingin solid dan harmonis, hindarilah kebohongan. Jika anda sudah tidak jujur terhadap pasangan anda, hmm rasanya akan sangat sulit mewujudkan rumah tangga yang harmonis. Yang ada justru kecurigaan yang tidak ada habisnya. Untuk itulah penting sekali untuk saling menjaga kejujuran dan menghindari kebohongan.

9. Komunikasi 
Bagaimanapun juga komunikasi yang sehat dalam sebuah rumah tangga hukumnya wajib. Jika anda tidak menjaga komunikasi dengan pasangan, bagaimana bisa harmonis? jagalah komunikasi anda dengan pasangan jika anda ingin memiliki rumah tangga yang harmonis. 

Sempatkan untuk bisa duduk berdua dan membicarakan semuanya bersama pasangan. Hal ini akan berdampak bagus bagi rumah tangga anda. 

10. Perhatian terhadap pasangan
"Selamat pagi sayang" ..ucapan kecil dan ringan seperti ini sangat bagus untuk dapat mewujudkan rumah tangga yang harmonis. Meskipun terlihat sepele, namun perhatian semacam ini juga sangat penting untuk anda perhatikan. Berikan sapaan dan ucapan ringan lainnya meskipun hanya lewat pesan singkat.

11. Bersikap mesra
Bersikaplah mesra kepada pasangan anda. Hindari memasang muka cemberut didepan pasangan. Dengan sikap mesra yang anda tunjukkan, maka rasa cinta, sayang dan kedamaian akan terpancar. Dengan begitu, rumah tangga anda akn lebih harmonis.

12. Pengorbanan
Bagaimanapun juga sebuah pengorbanan dalam mengarungi kehidupan berumah tangga pastilah sangat dibutuhkan. Mungkin ketika anda masih single, anda bebas bermain kemana saja tanpa ada yang melarang. Namun, ketika anda sudah berumah tangga, anda tidak bisa seenaknya sendiri, anda sudah memiliki tanggung jawab terhadap keluarga anda. Anda mungkin harus rela bangun pagi untuk membuatkan sarapan untuk suami anda, padahal sebenarnya anda masih sangat ngantuk. Itu hanya satu contoh saja, masih banyak berbagai contoh pengorbanan lainnya didalam rumah tangga. Jika anda sudah menyadari hal ini maka satu langkah menuju rumah tangga yang harmonis sudah anda dapatkan.

13. Taat Ibadah
Jangan lupakan untuk terus menjaga ketaatan dalam beribadah dalam keluarga. Jika anda sebagai umat muslim, sholat berjamaah bersama sekeluarga adalah salah satu indikasi sekaligus cara mewujudkan rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Biasakanlah keluarga anda dalam hal taat beribadah ini. Karena, bagaimanapun juga Tuhan YME mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan ini.

Itulah sedikit cara agar rumah tangga harmonis tersebut. Sebenarnya masih banyak sekali cara yang dapat anda tempuh untuk dapat mewujudkan sebuah rumah tangga yang solid, bahagia dan harmonis. Semoga yang sedikit ini sudah cukup memberikan manfaat bagi anda. Baca juga yang ini, cara menjadi ibu rumah tangga yang baik. Semoga sukses dan cantik selalu untuk anda semua. 
Advertisements