TIPS MERAWAT SEPATU AGAR AWET

Advertisements
Tips merawat sepatu - Hallo ladies, wanita memang sudah sangat akrab dengan yang namanya sepatu. Untuk dapat tampil cantik memang dukungan alas kaki yang satu ini memang mutlak diperlukan. Tidak hanya itu, fungsi sepatu juga sangat penting untuk menjaga kaki anda tetap bersih dari kotoran. Apa yang harus anda lakukan untuk menjaga sepatu anda tetap tampil perfect dan awet? tentu saja diperlukan sebuah perawatan yang benar.

Sepatu sangat identik dengan pemakainya. Jika sepatu yang anda kenakan tidak terawat, kusut, kotor dan tidak nyaman dipandang, itu juga sudah menjadi salah satu nilai minus bagi anda. Dalam hal dipakai pun, tentu saja akan tidak nyaman apabila anda hanya mau memakainya saja tanpa pernah mempedulikan kondisi sepatu anda. Nah, kali ini kami mempunyai tips nya untuk anda, bagaimana merawat sepatu agar awet.

Simak tips merawat sepatu berikut:

1. Gilir pemakaian
tips merawat sepatuJika anda memang mempunyai koleksi sepatu yang lebih dari satu, ada baiknya lebih baik anda memakai secara bergantian. Tujuannya adalah memperlambat proses kerusakan karena sering dipakai terus menerus. Dengan adanya penggiliran, tentu saja hal ini dapat diminimalisir.

2. Simpan didalam almari
Ketika anda sudah selesai memakai sepatu, setelah sampai rumah, kami sarankan untuk memasukkan dan menyimpan sepatu anda di dlam almari. hal ini berguna untuk menghindarkan debu ataupun kotoran yang mungkin saja bisa mengotori sepatu anda ketika anda menaruhnya diluar. Perlu anda ketahui, sepatu akan cepat mengalami kusut dan kering jika sering kepanasan / berada didalam suhu yang suhu udara panas. Begitupun dengan suhu yang terlalu dingin, efeknya sepatu anda akan cepat mengalami berjamur. Oleh karenanya, simpan dan masukkanlah sepatu anda didalam almari yang mempunyai suhu kamar. Ingat, sepatu yang basah / dalam kondisi basah, kehujanan misalnya, jangan sampai langsung anda masukkan ke dalam almari atau dus. Biarkan kering dahulu, baru dimasukkan.

3. Masukkan sepatu ke dalam kantong
Didalam almari pun, tidak menjamin sepatu anda akan terbebas dari debu. Untuk itu, masukkan dulu sepatu anda ke dalam sebuah kantong berbahan katun dahulu, baru anda masukkan dan anda simpan ke dalam almari. Kenapa memilih kantong berbahan dasar katun? tujuannya adalah agar sepatu anda bisa "bernafas" lega dan tidak lembab.

4. Segera bersihkan noda
Tidak mungkin sepatu anda akan selamanya bebas dari noda. Karena memang tempatnya ada di bawah, di kaki. Tentu saja kemungkinan terkena noda sangat tinggi. Agar awet, usahakanlah untuk segera membersihkannya secepat mungkin. Anda dapat menggunakan lap lembut untuk membersihkannya. Dan jika sepatu anda berbahan kulit, anda dapat menggunakan lap / kain yang lembut dan lembab untuk mengelapnya. Setelah itu keringkan dengan cara mengangin-anginkannya.

5. Sol lagi sepatu anda
Jangan berpendapat bahwa sepatu mahal tidak butuh tukang sol lagi. Hal ini sepertinya perlu anda luruskan. Banyak kasus sudah terjadi, bagian bawah sepatu cepat rusak, padahal mahal lho. Sepatu dipakai di kaki, dipakai untuk berjalan, berlari dan aktivitas ini tentu saja akan membuat sepatu anda rawan rusak dan cepat jebol. Makanya, setelah membeli anda dapat mengupayakan dulu untuk menjahit lagi untuk lebih menguatkan jahitan sepatu anda ke tukang sol sepatu dan menambahkan lapisan karet lagi di bagian alasnya agar tidak licin. Jika cara ini anda lakukan, konon katanya akan dapat menambah usia sepatu anda 6 s/d 7 tahun lho.

6. Gantilah lapisan tumit sepatu anda
Jika sepatu sudah sering dipakai, yang paling rawan adalah pada bagian tumit. Berat tubuh memang bertumpu pada bagian ini. Untuk itu, anda disarankan mengganti lapisan dalam sepatu anda dengan lapisan karet keras. Umumnya, sepatu menggunakan lapisan berbahan plastik. Karet keras lebih kuat 10 kali lipat dibanding lapisan berbahan plastik lho.

7. Sempatkan menyemir sepatu anda
Semir sepatu sepertinya memang wajib hukumnya untuk menjaga dan melindungi permukaan sepatu anda. Poles sepatu anda dengan semir yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kusut pada sepatu anda. Jika berbahan kulit, anda lebih disarankan memilih semir yang mengandung minyak agar sepatu kulit anda tetap lentur dan lembut "Gunakan polish cream, dan hindari penggunaan semir sepatu yang mengandung lilin karena bisa membuat sepatu jadi kering," ( Joe Rocco, pemilik Jim Shoe Repair di New York ).

8. Hindarilah hujan
Sebisa mungkin hindarilah hujan. Memang sangat sulit ya, tetapi minimal anda sudah mengusahakannya. Sepatu yang basah jika tidak cepat dibersihkan akan cepat rusak. Jika sudah terlanjur basah, lakukan segera proses pembersihan dan pengeringan. Sedikit himbauan, jangan sampai anda gunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu. Hal ini justru akan membuat sepatu anda cepat rusak. Jemur saja di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari untuk mengeringkannya

9. Soe horn
Sebisa mungkin jangan sampai menginjak bagian tumit sepatu ketika anda sulit memakai sepatu. Jangan memaksakan memasukkan tumit anda masuk kedalam sepatu, karena hal ini dapat menyebabkan daerah tumit sepatu anda menjadi rusak dan terlipat. Sebaiknya gunakan shoe horn atau sendok sepatu untuk menyelamatkan tumit sepatu anda agar tak cepat rusak. Tetapi jika shoe horn tidak ada, anda bisa menggantinya dengan penggaris besi atau sendok makan yang panjang. 

Bagaimana pendapat anda? sangat simple bukan? itulah tips merawat sepatu agar awet tersebut. Baca juga ini, setelah olahraga minumlah jus tomat. Semoga bermanfaat dan dengan awetnya sepatu anda, otomatis budget anda juga dapat lebih ditekan, karena tidak sering membeli sepatu lagi. Sukses untuk anda.
Advertisements